Kementerian PANRB Terapkan Standart Hospitality

By Admin

nusakini.com-- Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengajak seluruh pegawai di kementerian yang dipimpinnya untuk selalu memberikan pelayanan penuh keramahan. Karena itu, seluruh pegawai, mulai dari cleaning service, office boy, security, receptionist sampai pejabat akan dilatih pelatihan hospitality (keramahtamahan). 

Hal itu ditegaskan Menteri dalam pembukaan acara pelatihan Hospitality di ruang Serbaguna Kementerian PANRB, Jakarta, Jumat (19/8). “Saya instruksikan, seluruh karyawan dan pegawai di sini untuk mengubah mindset dalam pelayanan,” ujarnya. 

Menteri Asman menjelaskan, dalam melaksanakan pelayanan yang ramah harus dimulai dari diri sendiri, yang selanjutnya diterapkan secara internal yang selanjutnya mengajak seluruh lingkungan di Kementerian PANRB. Asman menekankan agar penerapan standart hospitality di Kementerian PANRB secepatnya diterapkan.

Salah satu sikap yang harus dilakukan, seluruh pegawai Kementerian PANRB harus senyum. "Kita harus selalu senyum, dan berpikir positif. Dengan cara ini insya Allah akan awet muda, dan membuat orang lain senang. Kalau cemberut, nanti cepat tua," sergah Menteri seraya mengembangkan senyum. 

Hadir dalam pelatihan hospitality ini Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Kepala Biro SDM dan Umum Eddy Syah Putra serta para pegawai di kementerian PANRB. (p/ab)